Indahnya alam Indonesia berhias ragam Seni dan Budaya. Selamat Datang di Jawa Barat, mari nikmati Alam, Seni dan Budaya dalam AMAZING WEST JAVA!

2/13/2013

STRUKTUR DRAMATIK FILM ADA APA DENGAN CINTA


1.      Eksposisi
Eksposisi dalam film ini adalah pengenalan tokoh-tokoh dan pengenalan setting diawal film. Beberapa adegan diantaranya disisipi dengan tittle para pemain. Pengenalan setting yang dimaksud yakni setting tempat, waktu dan peristiwa. Setting yang dipakai adalah suasana SMA awal tahun 2000an dengan lokasi SMA di Jakarta.
2.      Rising Action
Rising Action film ini adalah ketika Cinta dan keempat sahabatnya yakni Alya, Carmen, Maura dan Milly berprinsip masalah salah satu diantara kita adalah masalah kita semua, musuh salah satu diantara kita adalah musuh kita semua. Persahabatan mereka tidak main–main, kapanpun mereka siap membantu satu sama lain bila ada masalah yang menimpa. Cinta bahkan membuat puisi tentang persahabatan mereka berjudul “Aku ingin bersama selamanya”. Ini terjadi saat adegan Cinta dan sahabatnya melihat luka yang ada pada tubuh Alya akibat kekerasan yang terjadi di keluarga Alya.
3.      Komplikasi
Komplikasi dalam film ini adalah ketika Cinta mulai dekat dengan Rangga. Kedekatan ini telah membuat Cinta dan sahabatnya jarang bertemu. Seperti Cinta terlambat datang ke konser karena jalan bersama Rangga ke Kwitang. Lalu ketika di lapangan basket keempat sahabatnya bersama, Cinta sedang menemani Rangga memasak.
4.      Klimaks
Klimaks dalam film ini adalah ketika Cinta ketahuan berbohong. Cinta membatalkan janji bertemu dengan sahabatnya dan ia menolak Alya datang ke rumahnya dengan alasan akan pergi berobat ke rumah sakit padahal ia pergi ke café bersama Rangga. Disaat bersamaan Alya masuk rumah sakit karena mencoba bunuh diri. Di rumah sakit inilah Maura, Milly dan Carmen kecewa karena ternyata Cinta telah membohongi mereka.
5.      Falling Action
Falling action film ini adalah ketika kondisi persahabatan mereka kembali membaik. Ini terungkap ketika di Rumah sakit Cinta meminta maaf dan berterus terang kepada Alya perihal kejadian di malam saat ia pergi bersama Rangga. Cinta yang saat berkata jujur kepergok teman – temannya yang lain juga meminta maaf kepada mereka. Disinilah persahabatan mereka berlima kembali membaik.
  1. Resolusi
Resolusi film ini adalah ketika Cinta mengatakan ia jatuh cinta kepada Rangga tetapi ia takut teman-temannya meinggalkan dia. Ini diketahui ketika sahabat-sahabat Cinta memaksanya berkata jujur di lapangan basket akibat perubahan yang terjadi pada diri Cinta. Teman-teman Cinta lantas mendorong Cinta untuk segera mengungkapkan perasaannya kepada Rangga dan di Bandara semua perasaan Cinta terungkap dengan disaksikan sahabat–sahabat yang mengantarnya.

...by Solihin Ahmed Sinichi...

No comments: