Indahnya alam Indonesia berhias ragam Seni dan Budaya. Selamat Datang di Jawa Barat, mari nikmati Alam, Seni dan Budaya dalam AMAZING WEST JAVA!

1/26/2013

DOKUMENTASI SENI PERTUNJUKAN


Godi Suwarna - Seniman

Seni pertunjukan merupakan karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu yang melibatkan empat unsur: waktu, ruang, tubuh si seniman dan hubungan seniman dengan penonton. Oleh karenanya suatu pertunjukan tidak akan sama dengan pertunjukan yang lainnya walaupun menampilkan karya seni yang sama. Setiap pertunjukan akan menghasilkan ceritanya tersendiri bagi si seniman maupun penontonnya.
Dokumentasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menangkap dan mengabadikan berbagai momentum yang terjadi dalam setiap pertunjukan. Dokumentasi baik berupa gambar diam ( foto ) maupun gambar bergerak ( video ) akan menghasilkan kesan tersendiri. Dewasa ini seiring perkembangan teknologi banyak sekali peralatan yang bisa digunakan untuk mendokumentasikan pertunjukan. Dari peralatan yang kompleks hingga peralatan sederhana yang sehari – hari biasa dipakai. Lantas adakah cerita dari setiap foto yang dihasilkan? adakah kesan dari setiap detik video yang kita rekam?










No comments: