Indahnya alam Indonesia berhias ragam Seni dan Budaya. Selamat Datang di Jawa Barat, mari nikmati Alam, Seni dan Budaya dalam AMAZING WEST JAVA!

9/09/2013

KONTEN VS KONSEP, YANG MANA??!!


Nonton Film Dokumenter

Hari itu saya mengikuti kegiatan BSM yang merupakan singkatan dari Bimbingan Studi Mahasiswa. Tahun 2013 ini BSM Prodi Televisi dan Film dilaksanakan di wilayah Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Disini rekan – rekan panitia membuat konsep yang menarik yakni pengenalan tentang proses pembuatan film dokumenter. Selain merupakan goal dari setiap mahasiswa yang menempuh studi disini, dokumenter juga menarik karena membeberkan fakta yang ada sehingga dapat memperluas wawasan serta menambah pengetahuan penontonnya. Tantangannya adalah mengemas dokumenter yang dibuat sekreatif mungkin sehingga penonton dapat menangkap pesan yang ingin disampaikan oleh sineas dokumenter dengan antusias. Yah terkadang dokumenter dihadirkan apa adanya dengan maksud memperlihatkan fakta yang sebenarnya, namun terkadang ‘apa adanya’ inilah yang membuat tayangan dokumenter membosankan. Padahal dengan sentuhan kreatif yakinlah tayangan dokumenter ini bisa sangat menarik dengan tidak menghilangkan fakta yang ada.
                Kelemahan biasanya adalah pada konsep, terkadang para pembuat dokumenter terlalu fokus pada konten atau isi yang ingin disampaikan, sedangkan bagaimana cara penyampaian isi ini terkadang dikesampingkan. Yupz terkadang pengemasan selalu dikesampingkan dalam dokumenter. Hasilnya acap kali jenuh dan bosan adalah kata yang sering terucap dari setiap tayangan Dokumenter. Saya selalu ingat saat dosen penyutradaraan yakni Bapak Hernawan SSA mengucapkan kembali perkataan Teguh Karya yakni “Don’t tell me but show me”. Sebagai sineas kita dituntut juga untuk bisa menggambarkan sesuatu. Ini film bung, bukan ceramah, bukan talkshow, bukan pula siaran radio, mungkin inilah jawabannya, gambar juga bisa berbicara!
                Untuk menghadirkan tayangan yang bermutu dan juga menarik, tayangan mendidik yang asik serta tayangan berwawasan yang juga berkesan haruslah ada perpaduan yang ciamik dari konten atau isi film yang dihadirkan dengan cara penyampaian/ konsep pengemasannya. Keduanya tentu harus digarap sebaik mungkin sejak dari tahapan awal yakni tahapan pra produksi. Lantas bagaimana tahapannya?!

                         C     O     M     I     N     G            S     O     O     N      




Nb:
Tulisan ini bukan untuk menggurui tetapi hanya mencoba berbagi dari apa yang sedang saya pelajari. Mari belajar bersama, berbagi dan sharing bila kawan – kawan telah menemukan sesuatu yang ideal dari film dokumenter. Tulisan ini menunjukan baru sampai tahapan inilah saya berjalan, belajar dan mempelajari dokumenter. Inilah isi dari otak saya sementara ini tentang dokumenter.  

No comments: