Indahnya alam Indonesia berhias ragam Seni dan Budaya. Selamat Datang di Jawa Barat, mari nikmati Alam, Seni dan Budaya dalam AMAZING WEST JAVA!

6/09/2015

SERUNYA MENJELAJAH CITARUM



Seru apanya?? Sungainya bau, hitam pekat karena limbah juga kotor banyak sampah. Jangankan menjelajah, cuman lewat aja udah ga betah sama baunya yang menyengat. Mandi??? Huaaaa…. Engga deh limbah lengket ke kulit pasti berdampak penyakit. Liat di Majalaya, Dayeuhkolot, Baleendah, Cimahi juga parit-parit berwarna warni kan muaranya ke sungai Citarum. Kadang warna biru, merah, hitam tergantung pabriknya sedang mencelup kain warna apa. Yang sama? Baunya yang menyegat!

Source : http://stat.k.kidsklik.com/
data/photo/2011/04/24/1207181620X310.JPG
Hal itu mumgkin yang juga terlintas dibenak temen temen semua. Mendengar Citarum yang terlintas adalah hal hal mengerikan tadi. Belum lagi banjir yang sering melanda di kawasan Bandung selatan sumber airnya dari Citarum. Ya iyalah Kalo beruntung kamu juga bisa menjumpai sofa, kursi, tempat tidur dan sampah sampah lainnya mengambang di Citarum. Gimana ngga banjir?? Satu lagi hati – hati intimidasi kalo kita mau peduli. Mau ngambil gambar aja siap siap urusan sama preman. Di belakang pabrik pabrik itu ada cctv yang mengintai!

Sungai Citarum dari jaman dulu sampai jaman sekarang memang punya peranan penting. Dulu katanya pas jaman kerajaan, sungai Citarum menjadi salah satu jalur transportasi mengangkut hasil alam. Sumber pengairan? Sampai kini sawah-sawah itu pasti pake air dan pastinya dipakai untuk peternakan, pertanian, perikanan air tawar, dan irigasi. Saat ini? jelas penting untuk meminimalisir biaya produksi dengan membuang limbah langsung kesungai? Juga tempat sampah raksasa kali ya? Hahhaa… dasar tidak bertanggung jawab! Bagi Negara? Sangat penting! Saat ini tingkatannya menjadi objek vital nasioanl dengan dibangunnya waduk Saguling, Cirata dan Jatiluhur. Ko bisa? Yah Tanya aja listrik yang dihasilkan dari ketiganya. Atau liat hasilnya dengan terang benderangnya pulau Jawa dan Bali. Itu sumber airnya dari citarum! Uangnya?! Tarif dasar listrik perasaan naik terus ya?? Hahaaa… nah.. pedulinya Negara?? Pedulinya masyarakat udah diterangin ama Citarum?? Citarum udah jadi sumber pengairan untuk sumber pangan kita sudahkah kita menjaganya?? Citarum bersih airnya kan buat kita juga! Citarum terjaga pabrik-pabrik ga akan rugi tiap taun gara-gara banjir!


Nah berbicara Citarum bersih percaya ngga percaya memang ada! Tempatnya ada di Rajamandala - Kabupaten Bandung Barat. Air bersih dan segar khas mata air pegunungan mengalir di sela sela bebatuan yang indah. Airnya yang jernih mengundang kita untuk menikmatinya, mencuci muka, membasuh tangan atau mandi sekalipun seakan tak percaya kita sedang ada di sungai Citarum. 

Orang biasa menyebutnya Citarum mati. Dulunya citarum mengalir ke sini namun setelah dibendung, air dari waduk Saguling itu dialihkan ke dua pipa raksasa yang dari situlah menghasilkan listrik. Air lalu kembali ke Citarum beberapa meter dari gua Sanghyang Tikoro. Nah Citarum dari bendungan hingga ke deerah Sanghyang Tikoro ini lah yang disebut Citarum mati mungkin karena Citarum tidak mengalir kesini lagi. Tetapi didaerah Rajamandala ini juga terdapat mata air yang mengalir ke citarum mati ini sehingga sampai saat ini Citarum mati tetap mengalirkan air jernih.




Ada juga yang menyebutnya citarum lama ataupun Citarum purba. ya mungkin karena batu batu besar disana membawa kita serasa menjelajah sungai pada masa lampau. Nah selain airnya bersih di Citarum mati juga ada gua, Sanghyang Poek namanya. Menjelajah di sungai citarum seakan menjadi pelajaran maha hebat dari sang pencipta. Air jernih, bebatuan yang besar, gua sanghyang poek yang indah ah…. Ingin rasanya melihat sungai Citarum sebersih ini di semua daerah alirannya. Dari mulai hulu di situ Cisanti sampai hilir di Muara Gembong - Bekasi. Terbayang masyarakat dapat memanfaatkan air bersihnya untuk minum tanpa harus takut terserang berbagai penyakit. Sungai bersih yang dipenuhi ikan, sungai yang bisa menjadi tempat pelepas penat dari aktivitas yang padat. 

Jadi ingat sebuah kejadian di Korea. Saking pengennya punya sungai, jalan layang yang menghabiskan dana tidak sedikit itu dibongkar untuk dijadikan sungai. Di sungai itu Anak-anak dan orang dewasa bisa bermain untuk sekedar melepas penat. Sungai menjadi sangat mahal disana. Nah kita yang sudah punya banyak sungai sudahkah menghargainya? semoga saja muncul kerinduan untuk kembali membuat sungai Citarum kembali bersih. Muncul orang - orang yang peduli lingkungan, para pemilik pabrik yang bertanggung jawab dengan mengolah setiap limbah yang dihasilkan melalui IPAL sebelum air kembali ke sungai dan warga masyarakat yang tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan akhir sampah! SEMOGA... 

ini nih link video jembatan yang dirubuhkan untuk dibuatin sungai di Korea Selatan...
https://www.youtube.com/watch?v=NJkZYCiXRAw





No comments: