Indahnya alam Indonesia berhias ragam Seni dan Budaya. Selamat Datang di Jawa Barat, mari nikmati Alam, Seni dan Budaya dalam AMAZING WEST JAVA!

7/07/2013

EMPAT PRODUKSI FILM DOKUMENTER

Tidak terasa beberapa bulan sudah dilalui tanpa memperbaharui blog tercinta ini. Tetapi tak apa, karena balasannya ada 4 film Dokumenter yang berhasil dibuat bersama kawan - kawan. Film yang juga merupakan karya puncak studi dari empat orang kawanku yang menjadi Sutradara dalam filmnya masing - masing. Selamat kawan,. jangan berhenti berkarya! Mari kita buat film dokumenter selanjutnya,,


Film dokumenter berjudul "Pahare" bercerita tentang Tumpeng dalam upacara Wuku Taun yang ada di Kampung Cikondang, Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Mengangkat tema makna tumpeng pada upacara yang merupakan bentuk terima kasih warga terhadap hasil pertanian, tumpeng sarat akan simbol-simbol kehidupan dan adat istiadat leluhur.
  
Film dokumenter "Anak Pinggiran Kelenteng" berkisah tentang Eric Mintarja yang memperkenalkan kesenian Liong dan Barongsai kepada anak – anak di sekitar kelenteng. Dengan dimotori Siti Yulianingsih ketua RW setempat anak – anakpun giat berlatih hingga akhirnya mereka bisa pentas di berbagai tempat dan kegiatan. Tak sedikit tantangan yang harus mereka lewati namun yang mereka tahu barongsai telah merubah kehidupan mereka menjadi lebih baik.


Film dokumenter "Teratai Mekar di Batujaya" mencoba untuk merekontruksi candi yang ada di komplek percandian Batujaya, Karawang, Jawa Barat. Ada juga berbagai penemuan yang luar biasa dan mematahkan berbagai teori yang ada sebelumnya. Candi Jiwa dan Candi Belandongan merupakan dua dari beberapa situs yang berhasil ditemukan dan menjadi penemuan arkeologi terbesar kerajaan Tarumanagara hingga saat ini.




Film dokumenter "Malam Diatas Kain" mengisahkan tentang seorang perempuan asal Bandung, Jawa Barat yang belajar membuat batik di Pekalongan, Jawa Tengah. Belajar banyak di kota batik, ia berhasil membuat batik terobosan baru dengan design lokal daerahnya yang khas. Ini juga sekaligus menjadi jawaban bahwa anak muda masih sangat tertarik dengan pesona batik.


Siapa bilang film dokumenter tidak bisa menarik?! Dengan pengemasan yang mantap, film dokumenter juga layak ditonton. Tambah ilmu, tambah pengetahuan dan memanjakan mata pula.... nantikan ulasannya ya..... 

4 comments:

chaDICTED said...

pagi mas, apa boleh saya melihat film dokumenter "Anak Pinggiran Kelenteng"
karna saya mahasiswa tingkat akhir, yang mengangkat barongsai di dalam skripsi saya dan jika berkenan saya mau memasukkan "Anak Pinggiran Kelenteng" sebagai referensi di skripsi saya

saya tunggu jawabannya via email ekadpancay@yahoo.com

terima kasih

Solihin Ahmed said...

halo pagi.,, iah sangat boleh dengan senang hati.,, terima kasih sudah mau mengapresiasi film kami,.. nanti chat di email saja ya.,,

shofa nurhidayati said...

siang mas boleh tau kalau mau lihat fillm dokementer tentang "Teratai Mekar di Batujaya" dimana ya?

Solihin Ahmed said...

selamat siang juga... sementara ini filmnya baru ada di museum Batujaya,. di Pusat Survei Geologi Bandung, Balai Arkeologi Bandung, dan dibeberapa narasumber. Boleh juga main ke STSI Bandung disana stok filmnya banyak,..