Indahnya alam Indonesia berhias ragam Seni dan Budaya. Selamat Datang di Jawa Barat, mari nikmati Alam, Seni dan Budaya dalam AMAZING WEST JAVA!

7/22/2015

Hilang STNK?? Ini Nih Cara Ngurus Plus Tipsnya


Alhamdulillah hari raya telah tiba berarti saatnya untuk mudik ke kampung halaman, bertemu sanak saudara untuk bersilaturahim sekaligus liburan melepas penat dari aktivitas keseharian kita. Sebelum berangkat baiknya periksa kesiapan fisik kita dan juga kendaraannya. cek lampu kendaraan, rem, ban dan juga permesinan lainnya barangkali ada yang sudah mulai habis masa pakainya. Bila dijalan tiba – tiba kendaraan kita mogok, uh… malesin kan…
Yang ngga kalah pentingnya juga cek surat - surat kelengkapan berkendaranya juga, seperti SIM dan STNK baik ketika kita mau berangkat ataupun pas kita mau kembali dari kampung halaman. Hah… STNK nya ga ada?? Ayo periksa lagi yang bener?? Yakin hilang?? Jangan sampe deh kendaraan kita ditilang karena ngga ada STNK nya, bisa – bisa disangka kendaraan curian! Kalo beneran hilang jangan panik ayo urusin aja ke kantor polisi dan samsat, ngga ribet koq. Nih saya mau share pengalaman saya ngurusin STNK duplikat sekalian tips  biar cepet ngurusinnya.
Perlengkapan yang harus di siapkan adalah : 
1  .       KTP asli dan fotocopy 
2  .       BPKB asli dan fotocopy 
3  .     Fotocopy STNK (Nah ini pelajaran penting, usahakan kita harus menyimpan fotocopy STNK) ngga pun katanya bisa tapi kalau ada akan mempermudah proses.



Surat Rujukan dari Reskrim
Wokey setelah semua siap kita pergi ke kantor Polisi Resort atau Polres. Pertama yang kita tuju adalah bagian Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) untuk membuat laporan kehilangan STNK kita. Nanti kita akan ditanyai tentang perkiraan tempat hilangnya STNK serta waktu kejadiannya. Setelah selesai biar ga bolak balik fotocopy dulu, setelah itu baru kita langsung ke bagian Reserse dan Kriminal (Reskrim). Disini kita akan meminta surat rujukan permohonan pembuatan STNK yang ditujukan untuk satuan lalu lintas. Surat rujukan ini disertai lampiran Berita Acara Penyelidikan (BAP) kita dan keterangan kalau kendaraan kita tidak tercantum dalam pencarian barang bukti Reserse Kriminal. Lanjut kita langsung menuju Opsnal Lantas dan Laka Lantas di Satuan Lalulintas untuk melegalisir surat laporan kehilangan kita yang dari SPKT. Hal ini sekaligus untuk memastikan kalau STNK kita benar-benar hilang, bukannya sedang kena tilang karena melakukan pelanggaran ataupun kecelakaan lalu lintas.

                                                  Surat Keterangan dari SPKT dan Legalisirnya

Kalau beruntung semua bisa selesai dalam satu hari, kalaupun kebetulan sedang banyak antrian palingan besoknya juga udah selesai. Nah kalau kebetulan seperti itu, ga usah nunggu dulu surat – surat dari kepolisian selesai baru ngelanjutin prosesnya, kita bisa langsung ke samsat bagian cek fisik untuk menggosok nomor rangka kendaraan kita. Setelah selesai kita bisa langsung nyari agency koran untuk pemasangan iklan kehilangan STNK kita selama 2 hari berturut - turut. Koran biasanya punya deadline materi iklan yang masuk berbeda - beda, tapi biasanya materi iklan maksimal masuk jam 12 siang karena deadline sore dan malem biasanya untuk materi berita. Oleh karena itu baiknya diperhatikan deadline pemasangan iklan ini agar waktu kita dalam pengurusan STNK duplikat ini tidak berlarut - larut. nantinya bukti iklan kehilangan STNK ini dibuatin klipingnya sebegai persyaratan pembuatan STNK duplikat.

                                                  Hasil cek Fisik Kendaraan dan Kliping Koran

Nah di hari ketiga harusnya semua bahan udah terkumpul nih, diantaranya : 
1.       Laporan kehilangan dari kepolisian yang dikeluarhan SPKT dilegalisir  oleh Opsnal Lantas dan Laka Lantas 
2.       Surat rujukan dari Satreskrim serta lampiran BAP nya. 
3.       BPKB asli 
4.       Fotocopy STNK 
5.       KTP Asli dan Fotocopy 
6.       Hasil cek fisik kendaraan     
7.       Bukti kliping iklan kehilangan di media massa selama dua hari berturut - turut.
Setelah semua data kelengkapan tersedia kita langsung ke samsat dan menuju loket pendaftaran STNK duplikat dan taraaaa………………………. Ini dia STNK baru sudah selesai.



Antri dikit yang sabar ya....

No comments: